Rabu, 17 Mei 2017

PK Vaganza Ajang Unjuk Bakat Sekaligus Panutan Awal Agenda Besar Fakultas Dakwah

Salatiga - Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah IAIN Salatiga menggelar acara PK Vaganza. Acara tersebut meliputi fashion show, pameran iklan, acoustics music,  dan pres realist pada Selasa (16/05). Acara ini adalah agenda dari mata kuliah Perencanaan Kehumasan (PK). Muna Erawati selaku dosen pengampu mata kuliah PK ini menuturkan bahwa acara PK Vaganza ini sebagai wujud praktik dari mahasiswa untuk mendalami mata kuliah. Dengan adanya praktik semacam ini, mahasiswa dapat lebih memahami lebih dari hanya sekedar teori.
Acara yang berlangsung di Gedung KH. Hasyim Ash'ari Kampus 3 IAIN Salatiga ini mendapat banyak apresiasi dari berbagai kalangan, terutama pihak dekanat yang telah sudi bergabung dan menyaksikan serangkaian acara tersebut. Meski acara tidak dibuka untuk umum, namun banyak mahasiswa dan staf karyawan yang ikut menyaksikan, sehingga launge room mejadi terlihat penuh dan padat. Hal tersebut jauh dari bayangan panitia sebelumnya.
"Meski banyak kendala yang dihadapi, namun saya tidak menyangka bahwa acara ini bisa menjadi pecah," ungkap Bahtiar Hamzah selaku ketua panitia.
Selain untuk ajang mempresentasikan diri dan menguji mental, kegiatan ini juga melatih agar mahasiswa bisa menjadi profesional. "Tidak hanya menguasai materi, namun mahasiswa juga harus bisa mempraktikan. Tujuannya agar terlihat beda dari kuliah yang lain, sehingga tidak bosan. Hal itu juga mengarah pada perkembangan zaman yang nantinya banyak orang yang malas mengurusi masalah tekhnis sehingga membutuhkan EO untuk menggarap acaranya. Jadi mahasiswa harus dilatih profesional mulai sekarang,"
Merujuk pada konsentrasi yang ada di KPI, seperti broadcasting, public relation dan jurnalistik acara ini menjadikan profesi yang diharapkan terlihat, sehingga mahasiswa tidak lagi ragu jika lulus dari KPI nantinya mau kerja dimana. Jika skill dan bakat mahasiswa sudah terbentuk hal tersebut menjadikan semangat pihak dekanat untuk mengembangkan sarana seperti laboratorium recording dan radio, yang rencana akan digarap setelah lebaran 2017.
"Acara PK Vaganza ini juga menjadi ajang sosialisasi untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas KPI. Kegiatan ini bisa menjadi ajang sosialisasi dan bisnis. Dengan adanya kegiatan seperti ini masyarakat luas bisa tahu terutama calon mahasiswa bahwa KPI mampu berkarya dan bersaing dengan yang lain karena kita punya produk," tutur Mukti Ali selaku Dekan Fakultas Dakwah.
"Nah, untuk bisnisnya, dengan pakaian batik seperti yang dikenakan oleh para model, jika diuplade di media sosial bisa menjadi wadah bisnis. Siapa tahu nanti ada yang memesan batik atau sepatu, kan lumayan," tambahnya.
Harapan kedepannya untuk membuat acara seperti ini bukan hanya dari mata kuliah namun tingkat fakultas bahkan bisa tingkat IAIN. Sehingga dapat memberi kesempatan bagi mahasiswa dari jurusan lain yang juga ingin menunjukkan skill. (Ida Fadilah/KPI)
Foto by : @retnoindriast

Tidak ada komentar:

Posting Komentar