Senin, 08 Mei 2017

Manggung di 17 Kota di Indonesia, Akhirnya Sisir Tanah Sampai di Salatiga



Salatiga - Kelompok Belajar Qoriyah Tayyibah (KBQT) menjadi tempat rilis band Sisir Tanah asal Yogyakarta pada Kamis 27 April. Lagu Bahagia adalah judul lagu yang di launching oleh band Sisir Tanah, lagu tersebut diciptakan oleh Bagus Dwi Danto. Lagu dengan genre folk ini bertujuan untuk menggambarkan petani yang bersusah payah dalam memberikan pangan untuk masyarakat.
Pada awalnya Danto berfokus pada sastra, terlebih puisi, namun pada akhirnya merambah ke dunia musik. Dulunya stok tulisan yang dibuat hanya untuk performan art. Tulisan-tulisan sastranya sempat diantologikan namun tidak dipublikasikan, hanya menjadi dokumen pribadi.
Alasan menggunakan nama Sisir Tanah karena menurut Danto nama ini unik dan jelas menggambarkan para petani. Sisir yakni gambaran alat yang digunakan untuk membajak sawah, dan tanah adalah tempat atau lahan yang dibajak. Hal itu menurutnya adalah proses awal yang bermanfaat untuk banyak orang.
Ketika membuat lagu dengan judul Lagu Bahagia, Danto masih terbawa sastra sehingga dalam liriknya pun masih banyak yang bermakna sastra. Lagu ini pada awalnya diciptakan untuk pribadi, namun pada akhirnya berkembang untuk didengarkan kepada orang lain. Pada proses syuting video klip, band Sisir Tanah hanya memakan waktu selama satu bulan. Setelah itu Danto mencari chanel  ke teman-temannya yang ada di seluruh Indonesia dengan tujuan ingin mengenalkan lagu sekaligus ingin mempromosikan lagu untuk rakyat ini.
Sisir Tanah manggung di 17 kota yang tersebar di Indonesia. Awalnya manggung di Jakarta Pusat dan akan diakhiri di Jogja pada tanggal 6 Mei di IFI. Pada awalnya berencana akan manggung di 20 kota di Indonesia namun ada 3 yang kota berhalangan yang terpaksa harus dibatalkan. Hebatnya band Sisir Tanah tour swadaya dengan biaya 0 rupiah karena modal mereka hanyalah sebuah tekad. Hal demikian karena Danto dan kawan-kawan menghubungi teman-temannya untuk membantu me-launching-kan lagu ini, seperti manggung di KBQT.
Pesan yang ingin disampaikan adalah cinta, bagaimana cinta bisa mempengaruhi segalanya. Kata cinta banyak digunakan dalam lirik Lagu Bahagia ini, pemilihan kata tersebut menurutnya bisa mengajak siapa saja yang mendengar untuk menjaga semangat hidup dan menyalakan harapan serta untuk memperjuangkan hidup mereka.
"Ayo bangun semangat hidup!" tutur Danto penuh semangat. "Arah kiblat lagu ini ke kehidupan cinta dan arah yang baik," tambahnya.
Dengan kata cinta Danto ingin mengungkapkan perasaan itu melalui Lagu Bahagia. (Ida Fadilah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar